Game Anak Yang Mendidik | 9 Permainan Edukasi Terbaik Untuk Anak Dibawah Usia - Problem Hidup

Monday, October 8, 2018

Game Anak Yang Mendidik | 9 Permainan Edukasi Terbaik Untuk Anak Dibawah Usia

Game anak yang mendidik | Game Edukasi Terbaik
Game anak yang mendidik

Game anak yang mendidik - Di era yang serba digital ini, hampir semua hal bisa dilakukan hanya melalui gadget. Entah itu laptop, smartphone, tablet dan lain sebagainya.

Begitu juga dengan permainan atau game. Anak-anak zaman sekarang sangat mudah menemukan dan memainkan game di smartphone mereka.

Bukan sekedar hiburan, game memiliki dampak terhadap perilaku anak baik itu dampak yang positif hingga yang negatif. Namun, kebanyakan game yang ada justru banyak efek negatifnya dari mulai kecanduan sampai lupa makan, hingga ada yang matanya buta karena tidak berhenti menatap layar smartphonenya untuk bermain game.

Hasil survey pada tahun 2013 menyebutkan 72% anak usia 8 tahun kebawah telah menggunakan perangkat mobile seperti smartphone, tablet dan ipod.

Sebuah kewajiban bagi kita sebagai orang tua untuk mengontrol anak-anak kita dalam bermain game. Bukan hanya membatasi waktunya, namun kita juga perlu pilah-pilih game mana yang bagus untuk anak kita. Apalagi yang masih dibawah umur.

Untuk itu, anda perlu mengetahui jenis-jenis game yang berfaedah agar disamping anak kita bermain game sebagai hiburan, anak kita juga sembari belajar.

Dan pada kesempatan kali ini, Problem Hidup akan mengulas beberapa game yang mendidik dan cocok untuk anak-anak. Atau biasa disebut game edukasi.

Apa itu game edukasi?

Pengertian Game Edukasi


Game / Permainan Edukasi adalah sebuah media bermain sambil belajar yang biasanya diperuntukkan khusus untuk anak-anak dan dimaksudkan supaya proses pembelajaran lebih efektif.

Pembelajaran yang dikemas dalam bentuk permainan/game dengan tampilan visual yang bagus diharapkan mampu menarik minat belajar anak-anak.

Pembelajarannya pun cukup bervariasi, ada hitung-hitungan, mengenal sejarah, mewarnai dan masih banyak lagi.


Game Edukasi Yang Mendidik Untuk Anak-anak


Dan berikut ini adalah beberapa game yang sudah Problem Hidup kumpulkan sesuai dengan judul artikel ini yaitu game anak yang mendidik.

Silakan pilih sesuai dengan sistem operasi gadget yang anda gunakan.

Android


1. ABC Kids - Tracing & Phonics



Deskripsi dan Fitur:

• Sebuah aplikasi pendidikan awal berwarna-warni yang membantu anak-anak belajar abjad Inggris.
• Termasuk ABC menelusuri permainan, phonics pasangan, surat pencocokan, dan banyak lagi.
• Huruf besar dan huruf kecil untuk melacak, mendengarkan, dan pertandingan.
• Antarmuka pintar membantu anak-anak fokus pada phonics dan surat tanpa sengaja keluar permainan.
• Tidak ada iklan pihak ketiga, tidak ada pembelian dalam aplikasi, tidak ada trik. Hanya murni menyenangkan pendidikan!

Ukuran : 31,47 MB

Download : Playstore


2. Game Edukasi Anak Lengkap



Deskripsi dan Fitur:

Game edukasi anak lengkap berisi permainan pendidikan untuk putra putri anda usia dini, PAUD maupun TK, meliputi: game memory yang melatih daya ingat, mewarnai yang mengasyikkan, piano serta pengenalan huruf, angka, warna, bentuk, buah dan binatang dilengkapi suara pemandu dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Game edukasi anak lengkap SekarMedia ini berisi:
• Pengenalan huruf
• Pengenalan Angka
• Pengenalan Warna
• Pengenalan nama nama binatang, buah buahan, alat musik, kendaraan dll
• Game memori
• Mewarnai
• Suara Binatang

Fitur Game Edukasi Anak Lengkap ini tersedia dalam modul pengenalan maupun pertanyaan atau test serta tersedia dalam bahasa Indonesia dan Inggris yang dilengkapi dengan suara dalam kedua bahasa tersebut.


Ukuran : 15,52 MB

Download : Playstore


3. Game Edukasi Anak : All in 1




Deskripsi dan Fitur:

Game Edukasi Anak adalah sebuah game dengan berbagai macam permainan.

Permainan-permainan yang mengajarkan anak anda mengenal benda-benda atau hal-hal disekitar kita. Antara lain, mengenal macam-macam binatang, mengenal angka, mengenal huruf alfabet, mengenal bentuk, mengenal warna-warna, dan mengenal buah-buahan.

Pada versi terbaru tambahan fitur mengenal alat transportasi, anggota tubuh, profesi, alat musik dan benda sekitar.

Kini dilengkapi fitur matematika, penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Untuk penjumlahan, pengurangan dan perkalian memiliki pilihan level, dimana anda bisa memilih level yang mudah atau level yang lebih sulit.

Jadi tunggu apa lagi, download sekarang, game ini cocok untuk anak antara umur 3-6 tahun.

Daripada kasih anak anda permainan yang menghabiskan waktu mending berikan saja permainan ini, biar anak anda bermain sambil belajar kan jadi bermanfaat.

Game ini juga berukuran kecil. Jadi, sangat cocok untuk anda yang memiliki smartphone android dengan spesifikasi menengah kebawah.

Ukuran : 5,25 MB

Download : Playstore


IOS/Apple/iPhone

1. Best Coloring Book For Kids

Aplikasi game ini sangat direkomendasikan untuk anak anda yang sedang belajar mewarnai. Dengan mendownload game ini, anda tidak perlu khawatir kehabisan stok buku gambar anak anda.

Download : iTunes

2. ABC Animals Free

Untuk anda pengguna IOS yang sedang mencari game belajar alfabet, aplikasi ini jawabannya. Mengenal huruf adalah pembelajaran penting untuk anak usia dini.

Download : iTunes

3. Drawing For Doodle

Jika anak anda suka mencoret-coret dinding, meja, baju dan sebagainya, anda wajib untuk meng-install aplikasi ini agar anak tidak lagi melakukan hal tersebut.

Download : iTunes


PC/Laptop

1. Coloring Book

Game anak yang mendidik | Permainan Edukasi terbaik
Source : Microsoft.com

Game mewarnai yang satu ini memiliki desain yang interaktif dan sangat cocok untuk anak yang punya hobi menggambar.

Download

2. Game Edukasi Anak Lengkap

Selain untuk sistem operasi Android, ternyata game edukasi anak lengkap ini tersedia juga loh untuk PC walaupun sebenarnya game ini bukan dari satu developer.

Didalam game ini sudah terdapat paket lengkap permainan yang mengasah otak anak seperti hitung-hitungan, menghafal dan lain sebagainya.

Download

3. Crayon Physics

Adalah game yang melatih daya imajinasi anak dengan tantangan yang menarik didalamnya. Di game ini pemain harus memindahkan bola ke tempat tertentu untuk dapat menang dengan cara menggambar objek apapun.

Download



Walaupun anda sudah memilihkan game edukasi untuk anak anda, tetap saja anda harus mengontrol penggunaannya. Karena bagaimanapun juga, penggunaan gadget yang berlebihan dapat merusak anak kita terutama pada indera penglihatan.

Anda bisa mencoba mengatur jadwal bermain gadget untuk anak anda. Misalkan, anak anda hanya dibolehkan menggunakan gadget ketika kegiatan sekolah libur atau mungkin membatasi 1 jam untuk satu hari agar tidak menggangu kegiatan belajar anak.

Memang tidak mudah mengatur anak dalam menggunakan gadget. Karena biasanya orang tua membiarkan anaknya memegang smartphone untuk menenangkannya agar tidak menangis.

Maka dari itu, sebelum terlambat, jangan pernah kenalkan mereka pada gadget dalam usia yang belum cukup karena hanya akan membuat mereka ketagihan.

Semoga artikel tentang game edukasi untuk anak ini memberikan manfaat.

Sumber video, deskripsi dan fitur game : Google Play, Youtube
Disqus comments