7 Persiapan Sebelum Menikah Yang Wajib Kamu Lakukan! - Problem Hidup

Friday, October 26, 2018

7 Persiapan Sebelum Menikah Yang Wajib Kamu Lakukan!


7 Persiapan Sebelum Menikah Yang Wajib Kamu Lakukan!

Menikah merupakan tujuan hidup sebagian besar orang. Urusan menikah tidak hanya sebatas dua insan yang saling mencintai dan restu keluarga. Bukan pula tentang gedung pernikahan yang sudah dipesan, kartu undangan yang sudah dicetak, dan buku pernikahan. Dalam membangun rumah tangga ada banyak hal yang sebenarnya perlu Anda persiapkan dengan matang. Hal ini menyangkut hubungan rumah tangga jangka panjang, bukan tidak hanya terjalin 1 – 2 tahun saja.

Tentu Anda menginginkan pernikahan sekali seumur hidup bukan? Setiap pasangan tentu ingin hubungan rumah tangga yang harmonis dan dapat mengatasi berbagai permasalahan yang akan dihadapi nantinya. Oleh sebab itu, setiap pasangan yang ingin menikah perlu mempersiapkan beberapa hal. Berikut ini 7 persiapan sebelum memutuskan menikah yang perlu Anda ketahui.

1.    Yakin dengan Pilihan

7 Persiapan Sebelum Menikah Yang Wajib Kamu Lakukan!
gambar: pixabay.com

Apakah Anda sudah yakin dengan pasangan Anda saat ini? Tanyakan pada diri Anda dan yakinkan diri bahwa pilihan Anda memang sudah tepat. Sehingga ketika akhirnya kalian hidup bersama, Anda tidak menyesal dan merasa salah memilih. Meskipun terkesan sepele, tapi jangan abaikan hal ini. Meskipun Anda sangat mencintai pasangan Anda, tetap yakinkan pada diri Anda bahwa pasangan yang Anda miliki saat ini adalah yang terbaik dan sesuai pilihan Anda dengan berbagai pertimbangan.

2.  Miliki Hubungan Baik dengan Keluarga Pasangan

7 Persiapan Sebelum Menikah Yang Wajib Kamu Lakukan!
gambar: popmama.com
Setelah Anda mantap dengan pasangan Anda, dekatkan diri Anda pada keluarga pasangan. Jangan hanya mengenal seluk beluk pasangan Anda, tapi kenali lebih dalam keluarganya juga. Mulailah untuk berkomunikasi dan menjalin silaturahmi dengan keluarga pasangan Anda. Anda harus mulai beradaptasi dengan keluarganya, mulai dari kebiasaan sehari-harinya, tata krama di lingkungan tempat tinggalnya, hingga berbagai tradisi dalam keluarga tersebut. Untuk mengenal lebih dalam ini, tidak butuh 1 – 2 minggu saja, kadang butuh berminggu-minggu atau berbulan-bulan agar lebih semakin dekat. Pastikan Anda diterima oleh keluarga dan lingkungannya.

3.    Persiapkan Cara Menghadapi Stress

7 Persiapan Sebelum Menikah Yang Wajib Kamu Lakukan!
gambar: okezonelifestyle.com

Mungkin ini terdengar sepele, tapi memang perlu Anda dan pasangan persiapkan sejak awal sebelum memutuskan menikah. Dalam kehidupan rumah tangga, Anda dan pasangan akan melewati masa-masa bahagia, sedih, dan hal-hal yang membuat kalian mengalami strees. Diskusikan dengan pasangan Anda, bagaimana cara kalian akan menghadapi stress dalam rumah tangga sehingga tidak menimbulkan pertengkaran. Hal-hal sepele ini perlu Anda dan pasangan persiapkan sebelum memutuskan menikah.

4.    Persiapkan Diri Menghadapi Perubahan

7 Persiapan Sebelum Menikah Yang Wajib Kamu Lakukan!
gambar: pixabay.com
Anda harus ingat bahwa ketika Anda menikah nanti akan banyak perubahan yang terjadi. Siapkah Anda menghadapi perubahan tersebut? Perubahan ini bisa berkaitan dengan karier dan impian Anda. Saat Anda hidup sendiri, Anda tentu bisa leluasa menentukan karier dan mengejar impian Anda dengan bebas. Hal ini akan berubah ketika Anda memutuskan untuk menikah. Anda harus siap dengan perubahan yang akan terjadi nantinya, seperti pindah pekerjaan atau kehilangan kesempatan mewujudkan impian Anda, karena segala sesuatu harus Anda diskusikan dengan pasangan Anda.

5.    Siap Menerima Kekurangan

7 Persiapan Sebelum Menikah Yang Wajib Kamu Lakukan!
gambar: pixabay.com
Saat Anda dan pasangan masih dalam status pacaran, sebagian besar hanya mengetahui hal-hal baiknya saja. Jikalau pasangan Anda menceritakan kelemahannya, tentu hanya sebagian kecil. Anda tidak mengetahui kebiasaan buruk pasangan saat di rumah karena Anda tidak mengikutinya selama 24 jam dalam sehari. Berbeda halnya ketika Anda dan pasangan menikah, 24 jam dalam sehari dan selamanya, Anda akan mulai melihat kebiasaan pasangan Anda, termasuk kebiasaan negatif. Misalnya pasangan Anda yang malas mencuci piring, ngorok saat tidur, tidak mau merapikan kamar, malas membersihkan rumah, dan sebagainya. Apakah Anda siap menerima kekurangan pasangan Anda yang mungkin tidak Anda duga sebelumnya?

6.    Siap untuk Saling Berbagi

7 Persiapan Sebelum Menikah Yang Wajib Kamu Lakukan!
gambar: pixabay.com
Persiapan sebelum memutuskan menikah selanjutnya yaitu siap untuk saling berbagi. Hal ini berkaitan dengan berbagai hal, bukan hanya berbagi pendapatan. Segala urusan rumah tangga kini sudah menjadi tanggung jawab Anda dan pasangan. Oleh sebab itu, tidak ada lagi hal-hal yang disembunyikan satu sama lain. Ketika Anda memiliki masalah, Anda harus mau bercerita dengan pasangan. Begitu pula saat pasangan Anda mempunyai masalah, Anda harus mau mendengar dan mencari solusi bersama.

7.    Siap dalam Urusan Finansial

7 Persiapan Sebelum Menikah Yang Wajib Kamu Lakukan!
gambar: pixabay.com
Terakhir, hal yang perlu Anda persiapkan sebelum memutuskan menikah yaitu urusan finansial atau keuangan. Soal keuangan memang menjadi salah satu hal yang sangat sensitive. Bahkan banyak pasangan yang akhirnya bercerai karena bertengkar masalah keuangan. Tentu Anda tidak ingin demikian bukan? Oleh sebab itu, sebelum menikah persiapkan pulan urusan keuangan. Pastikan Anda memiliki keuangan yang mapan, misalnya punya tabungan/deposito. Meskipun dalam rumah tangga, suamilah yang berperan mencari nafkah, buan berarti istri hanya bersantai di rumah tanpa penghasilan.

Apakah Anda dan pasangan ingin segera menikah? Yuk, persiapkan 7 hal sebelum memutuskan menikah seperti di atas, agar hubungan rumah tangga Anda dan pasangan tetap harmonis dan bertahan lama hingga kematian. 
Disqus comments