5 Tips Menjaga Hubungan Harmonis Dalam Hal Finansial - Problem Hidup

Sunday, October 21, 2018

5 Tips Menjaga Hubungan Harmonis Dalam Hal Finansial

gambar : pixabay.com/satyatiwari


Dalam kehidupan berumah tangga, masalah finansial merupakan salah satu hal yang sensitif. Tak jarang perselisihan dalam keluarga terjadi karena dipicu masalah keuangan. Kondisi keuangan yang tidak stabil, pengeluaran melebihi pendapatan, hingga kesenjangan gaji suami istri adalah beberapa hal yang memicu pertengkaran dalam rumah tangga. Jika hal tersebut terjadi dalam kehidupan rumah tangga Anda, Problem Hidup akan memberikan beberapa tips menjaga hubungan harmonis dalam keluarga yang dapat Anda coba.

Jangan biarkan masalah finansial membuat keretakan rumah tangga Anda yang telah dibangun bertahun-tahun. Berikut ini 5 tips menjaga hubungan harmonis keluarga dalam hal finansial.

1. Buatlah Anggaran Pengeluaran Bulanan

Banyak kasus pasangan bercerai karena masalah keuangan keluarga. Istri yang menghambur-hamburkan uang keluarga untuk memenuhi keinginan pribadi adalah salah satu pemicunya. Jangan biarkan hal ini terjadi pada kehidupan rumah tangga Anda. Jika ingin hubungan rumah tangga tetap harmonis, mulailah bijak dalam mengatur keuangan keluarga.

Apabila dalam kehidupan berumah tangga suami sebagai pencari nafkah, maka istri harus pandai dan bijak mengelola keuangan keluarga. Untuk menjaga keseimbangan pendapatan dan pengeluaran, buatlah anggaran kebutuhan bulanan. Catat kebutuhan yang harus di beli dan sesuaikan dengan budget yang ada.

2. Bijak Dalam Penggunaan Uang

Baik suami maupun istri harus bijak dalam menggunakan uang. Dari pendapatan yang Anda dan pasangan dapatkan, buatlah pos-pos keuangan sesuai kebutuhan. Bagi pendapatan Anda untuk kebutuhan keluarga, kebutuhan pribadi, investasi, kebutuhan darurat, dan sebagainya.

Gunakan voucher yang Anda miliki untuk berbelanja. Anda juga bisa memanfaatkan penawaran harga menarik seperti pemberian diskon saat membeli kebutuhan keluarga. Hal ini bisa menghemat pengeluaran bulanan sehingga tidak melebihi budget yang telah ditentukan.

3. Mulailah Berinvestasi

Melakukan investasi merupakan salah satu cara menjaga kestabilan finansial di masa mendatang. Untuk itu, diskusikan pada pasangan Anda untuk melakukan investasi. Saat ini banyak jenis investasi yang dapat dicoba, seperti Reksadana, Emas, hingga Saham. Dengan melakukan investasi, kesejahteraan Anda dan keluarga di masa depan juga akan lebih terjamin.

Menyisihkan pendapatan bulanan untuk investasi juga akan mengurangi budaya konsumtif dalam keluarga. Pemasukan yang Anda dapatkan bukan hanya untuk memenuhi keinginan dan berfoya-foya. Pengeluaran yang biasanya digunakan untuk bersenang-senang, dapat dialokasikan untuk menabung dan berinvestasi.

4. Saling Menghargai Pendapatan

Kesenjangan pendapatan antara suami istri menjadi salah satu pemicu ketidakharmonisan pasangan dalam rumah tangga. Apabila suami istri sama-sama bekerja, pastikan untuk saling menghargai pendapatan satu sama lain. Hal yang sering dipermasalahkan yaitu ketika pendapatan istri lebih besar daripada suami. Apabila tidak saling menghargai, dapat menimbulkan pertengkaran.

Biasanya, jika gaji suami kecil daripada pendapatan istri, maka suami menjadi minder atau istri dengan terang-terangan meremehkan suaminya. Jangan biarkan hal ini terjadi pada keluarga Anda dan merusak kehidupan rumah tangga Anda. Siapapun yang memiliki pendapatan lebih besar, tidak perlu saling iri dan meremehkan. Pendapatan suami istri merupakan pendapatan bersama dalam keluarga.

5. Membangun Bisnis Keluarga

Tips yang terakhir yaitu membangun bisnis bersama keluarga. Bisnis keluarga bisa menjadi sumber pendapatan lain selain pekerjaan utama. Hal ini tentu bisa menambah pundi-pundi pendapatan dan membantu menjaga kestabilan ekonomi keluarga. Selain itu, nantinya bisnis keluarga bisa diwariskan pada anak cucu.

Anda dan pasangan juga akan memiliki lebih banyak waktu untuk berbagi ide bisnis dan melakukan diskusi bersama. Hal ini tentunya akan membuat Anda dan pasangan lebih produktif setiap hari. Tak hanya berbagi perhatian secara pribadi, namun dengan membangun bisnis bersama, Anda dan pasangan dapat saling mendukung dalam hal berkarier.

Itulah 5 tips yang Problem Hidup berikan untuk menjaga hubungan harmonis dalam keluarga terkait urusan finansial. Jaga keharmonisan keluarga Anda dengan cara menjaga kestabilan finansial keluarga.


Semoga informasi di atas bermanfaat. 
Disqus comments