5 Cara Jitu Mengatur Keuangan Untuk Single Mom - Problem Hidup

Friday, November 30, 2018

5 Cara Jitu Mengatur Keuangan Untuk Single Mom

Cara atur keuangan untuk single mom
gambar: pixabay.com/2081671 
Menjadi single mom bukanlah perkara yang mudah. Selain harus menerima kenyataan bahwa pasangan tidak lagi bersamanya, baik karena meninggal atau bercerai, seorang wanita juga harus menjadi kepala keluarga bagi anak-anaknya. Jika biasanya, suamilah yang menjadi tulang punggung keluarga, kini mereka harus menafkahi keluarga.

Wanita sebagai orang tua tunggal, kini harus pandai-pandai dalam mengelola keuangan. Hal ini dikarenakan, tidak ada lagi sosok pria yang akan memberikan uang bulanan untuk keluarga. Bagaimana cara mengatur keuangan yang bijak? Simak ulasan 5 cara cerdas mengatur keuangan menjadi single mom berikut ini!

Cara Cerdas Mengatur Keuangan Menjadi Single Mom

1. Tambah Sumber Pendapatan

Pertama, yang harus Anda lakukan sebagai single mom yaitu menambah sumber pemasukan Anda. Jika biasanya Anda hanya menjadi ibu rumah tangga, yang menerima uang bulanan dari suami, kini saatnya mencari kerja. Jika sebelumnya, Anda sudah memiliki pekerjaan utama, cari pekerjaan sampingan untuk menambah pendapatan setiap bulannya.

Namun, tetap pertimbangkan waktu berkualitas bersama keluarga. Jangan sampai karena sibuk bekerja dan mengumpulkan uang, Anda mengabaikan waktu untuk buah hati. Sesibuk apapun pekerjaan Anda, sempatkan waktu untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Berikan pula pengertian pada anak-anak ketika Anda mulai sibuk dengan pekerjaan yang Anda jalani.

2. Membuat List Anggaran Belanja Bulanan

Cara yang kedua yaitu membuat daftar anggaran belanja bulanan secara rutin. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan apa yang harus Anda penuhi setiap bulannya. Selain itu, dengan membuat list belanjaan, Anda juga akan mengetahui berapa anggaran pengeluran. Pastikan tidak besar pasak daripada tiang alias besar pengeluaran daripada pendapatan.

Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik

Buatlah budget untuk setiap pos pengeluaran, berapa budget untuk makan, untuk kebutuhan bulanan, untuk jalan-jalan, dan kebutuhan lainnya. Kurangi membeli barang-barang yang kurang penting. Prioritaskan memenuhi kebutuhan pokok dan mendesak terlebih dahulu. Buatlah anggaran pengeluaran sehemat mungkin.

3. Siapkan Asuransi Jiwa

Jika saat ini Anda sebagai single mom belum memiliki asuransi jiwa, segera miliki polis asuransi jiwa. Hal ini demi menjamin hal-hal buruk tak terduga seperti kecelakaan bahkan kematian yang mungkin menimpa Anda. Saat hal tersebut terjadi, dan Anda tidak memiliki asuransi jiwa tentu keluarga Anda akan mengeluarkan biaya yang lebih besar. Berbeda jika Anda memiliki asuransi, maka biaya pengobatan dapat ditanggung dari asuransi.

Tak hanya asuransi jiwa, Anda juga perlu menyiapkan asuransi pendidikan bagi anak-anak Anda. Hal untuk melancarkan pendidikan buah hati, tanpa takut terhenti pendidikannya karena biaya yang semakin meningkat. Sisihkan pendapatan Anda untuk kebutuhan asuransi.

4. Mulai Investasi

Menabung saja tidak cukup menjamin kesejahteraan finansial dalam jangka panjang. Tidak ada salahnya mulailah menyisihkan uang untuk berinvestasi. Dengan berinvestasi, keuangan di masa depan lebih terjamin. Jika Anda masih awam dengan investasi, Anda bisa mencoba beberapa jenis investasi yang cocok bagi pemula.

Anda juga bisa meminta rekomendasi dari teman-teman Anda yang mengerti investasi. Jika Anda masih ragu, Anda bisa memulai investasi dengan modal dan risiko yang kecil. Investasi sangat penting dilakukan sejak dini, demi jaminan kesejahteraan keluarga Anda dimasa mendatang.

5. Lunasi Hutang yang Ada

Jika Anda masih memiliki hutang, baik atas nama Anda maupun suami, segera lunasi. Apabila tagihan hutang terlalu besar, Anda bisa menyicilnya setiap bulan, sehingga tidak bertambah besar nantinya. Jangan sampai mewariskan hutang kepada anak-anak Anda.

Bagilah pendapatan yang Anda peroleh tiap bulannya, ke dalam pos-pos kebutuhan, termasuk untuk melunasi hutang. Jangan biarkan anak Anda menanggung hutang yang orang tua lakukan. Dengan melunasi hutang segera mungkin, maka akan membantu menstabilkan kondisi finansial Anda lebih baik.

Sebagai single mom bukan saatnya terpuruk karena kehilangan pasangan sehingga melupakan kewajiban Anda untuk terus menghidupi keluarga. Kini saatnya Anda harus bekerja lebih giat dan berjuang untuk kesejahteraan Anda dan keluarga.



Disqus comments