5 Investasi Modal Kecil yang Bagus untuk Pemula, Mahasiswa, maupun Pelajar - Problem Hidup

Thursday, November 22, 2018

5 Investasi Modal Kecil yang Bagus untuk Pemula, Mahasiswa, maupun Pelajar

gambar: www.palembangtribunnews.com

Saat ini investasi menjadi tren terkini yang banyak dipilih seseorang untuk menjamin kesejahteraan finansial di masa mendatang. Investasi menjadi salah satu langkah strategis dalam perencanaan keuangan jangka panjang. Menabung saja tidak cukup memberikan jaminan keuntungan yang besar. Sehingga selain menabung biasa, masyarakat juga melakukan investasi.

Namun sayangnya, masih banyak masyarakat awam yang belum paham dengan investasi yang cocok untuk dirinya. Apalagi bagi mereka yang masih awam dan belum berpengalaman dengan investasi. Anda tak perlu bingung dengan jenis investasi apakah yang cocok bagi Anda sebagai pemula.  Pojokin.com akan memberikan rekomendasi 5 jenis investasi yang cocok untuk pemula, bahkan cocok untuk Mahasiswa maupun Pelajar. 

5 Jenis Investasi untuk Pemula, Mahasiswa, dan Pelajar 

1.Reksadana
gambar: http://reksadanaku.com

Pertama, ada investasi reksadana yang cocok bagi para pemula. Bahkan investor pemula juga banyak menggunakan investasi jenis ini saat memulai berinvestasi. Bagi Anda yang masih sangat awam dengan investasi, maka reksadana bisa dijadikan pilihan. Modal awal yang disetorkan untuk investasi tergolong rendah yaitu Rp 100.000,-. Anda tak perlu khawatir, karena uang yang Anda setorkan akan dikelola langsung oleh seorang Manajer Investasi.

Dengan dikelola oleh tenaga professional, risiko yang Anda dapatkan pun lebih rendah. Anda hanya menunggu hasil yang bisa Anda dapatkan dalam jangka waktu tertentu, tanpa ikut pusing mengelola investasi Anda. Manajer Investasi akan menyebarkan dana investasi Anda ke sejumlah produk yang berbeda sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal.

2.Logam Mulia
gambar: www.tokopedia.com

Jenis investasi kedua yang cocok bagi pemula yaitu investasi logam mulia. Investasi logam mulia tergolong investasi yang sangat aman dilakukan oleh siapa saja. Mulai dari pemula atau bahkan sudah professional, dan bisa juga dilakukan oleh Mahasiswa. Mengapa aman? Karena jenis investasi logam mulia memiliki harga yang cukup stabil dan cenderung terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Investasi logam mulia juga termasuk sebagai investasi yang fleksibel bagi siapa saja. Anda bisa membeli logam mulia dari berbagai ukuran dengan harga yang dapat Anda sesuaikan dengan budget. Selain itu, Anda juga bisa menjualnya kembali kapan saja dibutuhkan saat harga emas melonjak tinggi. Sehingga keuntungan yang Anda perolehpun ikut tinggi.

3.P2P Lending
gambar: hackernoon.com/

P2P Lending merupakan kepanjangan dari Peer to Peer Lending atau peminjaman. Saat ini P2P menjadi jenis investasi yang sedang populer serta memiliki banyak peminat. Dalam investasi ini, Anda akan berperan sebagai peminjam modal kepada pihak ketiga untuk berbagai keperluan, seperti modal UKM. Nantinya Anda akan mendapatkan keuntungan hingga 20% dari jumlah yang Anda investasikan.

Jenis investasi ini tidak membutuhkan modal awal yang besar, karena mulai dari Rp 100.000,- Anda sudah dapat melakukan investasi. Banyaknya perusahaan P2P Lending yang ada saat ini, pastikan Anda memilih perusahaan yang terpercaya dan aman. Jangan lupa pahami syarat dan ketentuan dari setiap perusahaan yang Anda pilih. Hal ini dikarenakan, mungkin perusahaan P2P Lending yang satu dengan yang lainnya memiliki kebijakan yang berbeda.
 
4.Deposito
gambar: www.gunungrizki.com

Bagi Anda yang masih asing dengan jenis-jenis investasi, sebenarnya Anda juga bisa melakukan investasi dalam bentuk deposito. Deposito merupaka jenis investasi berupa tabungan yang memiliki sistem penyetoran dan penarikan khusus. Maksudnya, penyetoran dan penarikan hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Anda dapat memilih periode investasi sesuai keinginan Anda, misalnya 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan. Setelah jatuh tempo berakhir, Anda bisa mengambil atau mencairkan uang beserta bunga depositonya. Namun, ingat jangan sampai mencairkan uang deposito sebelum tanggal jatuh tempo karena bisa membuat Anda terkena pinalti sesuai kebijakan bank.

5.Mulai Bisnis Kecil-Kecilan
gambar: www.hipwee.com

Membuka bisnis sendiri merupakan salah satu bentuk investasi sederhana yang dapat dilakukan oleh siapa saja. Tidak harus membuka bisnis besar-besaran dengan modal yang besar pula. Namun, sebagai pemula Anda bisa memulai dengan bisnis kecil yang dijalankan secara tekun dan konsisten.

Sebagai contoh, Anda bisa mulai berbisnis makanan ringan, kue, atau online shop. Bisnis ini sebagai bentuk investasi, guna menciptakan peluang bisnis yang lebih besar di masa mendatang yang bisa mendatangka keuntungan besar. Point yang paling penting dalam berbisnis yaitu menekuni dan terus berinovasi mengembangkan bisnis yang dijalani.


Nah, demikianlah 5 jenis investasi yang cocok bagi para pemula, mahasiswa, maupun pelajar. Bagi Anda yang belum berpengalaman dalam berinvestasi, Anda bisa mencoba jenis-jenis investasi di atas. Lakukan investasi sejak dini, demi kesejahteraan masa depan yang lebih terjamin.
Disqus comments