Supaya Tidak Boros, Coba 7 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil Ini - Problem Hidup

Thursday, November 15, 2018

Supaya Tidak Boros, Coba 7 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil Ini

Gaji yang kecil, sedangkan kebutuhan hidup yang terus bertambah menjadi hambatan kesejahteraan finansial bagi perumah tangga. 

Alih-alih bisa menabung untuk masa depannya, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja mereka harus mengatur keuangan sedemikian rupa. 

Namun, tetap saja pendapatan yang diperoleh tidak mampu memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya. Hal tersebut seringkali menjadi pemicu pertengkaran dalam rumah tangga. 

Nah, agar kehidupan rumah tangga tetap harmonis pastikan Anda dapat mengatur keuangan rumah tangga Anda dengan tepat. Berikut ini 7 tips mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji minim agar tidak boros!

7 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Minim

1.    Cari Pekerjaan Tambahan
Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga agar tidak boros
gambar: pixabay.com/tookapic

Mengandalkan pendapatan dari satu sumber saja mungkin tidak akan mencukupi kebutuhan rumah tangga Anda. Saatnya Anda dan pasangan mencari pekerjaan sampingan untuk mendapatkan pendapatan tambahan. 

Hal ini bisa membantu memenuhi kebutuhan Anda yang tidak tercukupi dengan gaji utama. Dengan pendapatan tambahan ini, Anda juga bisa menyisihkan uang untuk ditabung demi kesejahteraan finansial di masa depan.

2.    Catat Anggaran Pengeluaran Bulanan
Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga agar tidak boros
gambar: pixabay.com/loufre

Mencatat anggaran pengeluaran mungkin terlihat sepele dan tidak wajib dilakukan. Namun, dengan mencatat anggaran pengeluaran bulanan ini, Anda akan tahu berapa kira-kira uang yang harus Anda keluarkan untuk memenuhi kebutuhan bulanan keluarga. 

Jika anggaran pengeluaran ternyata melebihi pendapatan bulanan, maka Anda bisa menetapkan prioritas kebutuhan yang harus Anda penuhi terlebih dahulu. Kurangi membelanjakan uang untuk hal-hal yang tidak terlalu dibutuhkan.

3.    Kurangi Kebiasaan Makan di Luar
Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga agar tidak boros
gambar: pixabay.com/free-photos

Bagi Anda yang terbiasa makan di luar saat jam istirahat kantor atau makan malam, lebih baik kurangi kebiasaan tersebut. Mulailah berhemat dengan membawa bekal makan siang dari rumah dan membiasakan diri memasak sendiri untuk makan malam keluarga. 

Jika ingin makan malam di luar, lakukan pada moment-moment tertentu saja, misalnya sebulan sekali atau di hari ulang tahun anggota keluarga.

4.    Pilih Transportasi Termurah
Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga agar tidak boros
gambar: pixabay.com/free-photos

Jika memungkinkan untuk berjalan kaki, tidak ada salahnya berjalan kaki untuk berkunjung ke tempat-tempat tertentu. Misalnya, jarak rumah dan kantor sangat dekat maka Anda bisa berjalan kaki ke kantor. 

Selain menghemat biaya transportasi, baik dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum, Anda juga bisa sambil berolahraga setiap hari. Jika ingin pergi ke luar kota, pilihlah jenis transportasi yang paling murah. Namun, tetap aman digunakan untuk menjangkau lokasi tujuan Anda.

5.    Mulailah Investasi
Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga agar tidak boros
gambar: pixabay.com/stevepb

Meskipun gaji Anda kecil, mulailah melakukan investasi sejak dini. Anda dan keluarga dapat memilih jenis investasi dengan modal awal yang rendah, seperti Reksadana. Dengan melakukan investasi inilah, kebutuhan finansial Anda di masa depan lebih terjamin. 

Sisihkan pula sebagian gaji bulanan untuk menabung yang dapat diambil sewaktu-waktu saat kebutuhan darurat terjadi.

6.    Manfaatkan Barang Layak Pakai
Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga agar tidak boros
gambar: pixabay.com/Tama66

Perlengkapan rumah tak harus diisi dengan barang-barang yang baru dan mahal saja. Untuk menghemat pengeluaran, Anda bisa memanfaatkan barang-barang bekas untuk membuat furniture baru sebagai perlengkapan rumah tangga. 

Jangan langsung membuang benda-benda yang sudah usang atau rusak. Jika masih bisa dimanfaatkan untuk hal lain, Anda bisa mengubah barang bekas menjadi barang layak pakai untuk keperluan rumah tangga.

7.    Manfaatkan Diskon dan Voucher Belanja
Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga agar tidak boros
gambar: pixabay.com/Victoria_Borodinova

Tips mengatur keuangan rumah tangga yang terakhir yaitu dengan memanfaatkan voucher belanja yang Anda miliki. Jika Anda mendapatkan voucher belanja atau kupon gratis, manfaatkan untuk membeli kebutuhan sehari-hari. 

Anda juga bisa memanfaatkan moment diskon besar-besaran di tempat-tempat pembelanjaan untuk membeli kebutuhan pokok rumah tangga. Hal ini tentu akan mengurangi anggaran pembelanjaan bulanan, sehingga sisa uang anggaran dapat dialihkan ke hal lain seperti menabung.


Itulah 7 tips mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji minim agar tidak boros. Meskipun gaji utama kecil, Anda tetap dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menabung jika dapat mengatur keuangan dengan baik. Anda bisa melakukan tips di atas untuk membantu menjaga kestabilan keuangan rumah tangga Anda. 
Disqus comments