Agar Proses Persalinan Normal dan Lancar, Lakukan 10 Tips Sebelum Melahirkan Ini! - Problem Hidup

Sunday, November 4, 2018

Agar Proses Persalinan Normal dan Lancar, Lakukan 10 Tips Sebelum Melahirkan Ini!

Cara agar melahirkan normal dan cepat
gambar: pixabay.com/Bgmfotografia
Setiap wanita tentu ingin melahirkan secara normal dan cepat. Namun, pada kenyataannya banyak wanita yang mengalami proses yang berbeda-beda saat persalinan. Ada yang mengalami proses persalinan normal yang lama, bahkan harus melakukan operasi Caesar karena beberapa alasan demi kesehatan dan keselamatan. Sebenarnya, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mempermudah proses persalinan. Berikut ini 9 tips sebelum persalinan agar dapat melahirkan secara normal dan cepat.


1. Lakukan Diskusi dengan Pasangan Terkait Proses Persalainan yang Diinginkan

Menentukan proses persalinan yang diinginkan menjadi hal utama yang penting Anda diskusikan dan tetapkan dengan suami sejak awal kemahilan, bahkan awal menikah. Mengapa ini sangat penting? Hal ini berkaitan dengan langkah yang harus Anda lakukan untuk mempersiapkan diri, kesehatan fisik maupun mental saat persalinan tiba.

Diskusikan dengan pasangan Anda, proses persalinan seperti apakah yang Anda inginkan. Pasangan berperan penting dalam memberikan dukungan pada proses persalinan nanti, sehingga Anda perlu mendiskusikannya. Apakah ingin memilih persalinan natural, normal, atau operasi Caesar? Pertimbangkan pula prosedur dan dampak dari masing-masing pilihan proses persalinan tersebut. Diskusikan pula dengan dokter kandungan untuk memastikan bahwa pilihan yang Anda pilih sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.


2. Ikuti Senam Hamil dan Couple Class

Setelah menentukan proses persalinan yang dipilih, langkah selanjutnya yaitu aktif mengikuti kegiatan yang mendukung persalinan, seperti senam hamil dan couple class. Senam hamil ini bertujuan untuk memperlancar proses persalinan Anda, khususnya persalinan normal. Butuh persiapan fisik dan mental yang benar-benar maksimal untuk kelahiran si buah hati nantinya. Sehingga proses persalinan berjalan normal dan cepat.

Selain senam hamil, couple class perlu dilakukan sebelum persalanin terjadi. Mengapa demikian? Dalam proses persalinan, bukan hanya wanita saja butuh persiapan. Namun, pria sebagai pasangannya perlu mengetahui cara-cara dalam proses persalinan istrinya. Saat istri melahirkan, maka suami berperan membantu dan mendukung penuh proses persalinan tersebut, misalnya dalam hal pernapasan. Suami berperan sebagai pemandu pernapasan saat istri melahirkan demi mengurangi rasa sakit persalinan normal.  

3. Latihan Yoga

Bukan hanya senam hamil saja yang dapat membantu proses persalinan normal berjalan cepat dan lancar. Namun, latihan yoga juga bisa Anda pilih untuk membantu pembukaan saat persalinan tiba. Lakukan latihan ini secara rutin, misalnya 1 bulan sekali selama masa kehamilan hingga persalinan tiba. Latihan yoga dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit selama proses persalinan berlangsung.

Rutin melakukan yoga berarti Anda juga belajar tentang teknik pernapasan sebagai bekal persalinan nanti. Pernapasan sangat menentukan cepat lambatnya proses persalinan. Memiliki teknik pernapasan yang baik, akan membantu Anda mengontrol emosi dan suasana hati selama proses persalinan tiba. Ini juga berkaitan dengan persiapan mental dan fisik menjadi lebih matang.


4. Menjaga Berat Badan dan Asupan Makanan

Penting bagi siapa saja untuk memperhatikan pola makan, apalagi bagi wanita hamil. Tubuh membutuhkan asupan makanan yang sehat, bernutrisi, dan mengandung vitamin yang dibutuhkan. Hal ini demi menjaga kebugaran dan kesehatan Anda dan si buah hati. Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan segar demi kesehatan. Hindari berbagai jenis makanan yang memang tidak disarankan bagi ibu hamil.

Selain memperhatikan asupan makanan, Anda juga perlu menjaga berat badan. Saat memasuki usia kehamilan, tentu berat badan akan bertambah karena ada janin dalam perut Anda. Namun, bertambahnya berat badan tersebut harus diperhatikan. Jangan sampai Anda mengalami kelebihan berat badan di atas normal wanita hamil. Berat badan yang berlebihan dapat memicu berbagai masalah kesehatan.

5. Aktif Bergerak

Masa kehamilan bukan berarti Anda harus berdiam diri di rumah terus menerus untuk menjaga janin Anda terhindar dari bahaya. Ibu hamil yang kurang beraktivitas, justru dapat mengalami berbagai masalah kesehatan, khususnya saat persalinan nanti. Tetap lakukan aktivitas dan biarkan tubuh Anda bergerak secara aktif. Namun, tetap dibatasi dan tidak melakukan aktivitas yang membutuhkan tenaga berat.

Anda bisa melakukan olahraga ringan, seperti jogging setiap pagi atau jalan-jalan sore di sekitar halaman. Melakukan pekerjaan rumah yang ringan seperti menyapu, memasak, dan sebagainya, juga bisa membuat tubuh lebih aktif bergerak daripada hanya duduk atau tiduran di tempat tidur. Melakukan kegiatan dan istirahat harus tetap seimbang.


6. Banyak Mendengarkan Musik dan Doa-Doa

Mendengarkan musik bisa memberikan efek menenangkan pada ibu hamil. Pilih lagu-lagu kesukaan Anda, dan dengarkan saat bersantai. Anda juga bisa mendengarkan musik sambil melakukan yoga atau meditasi. Selain musik, Anda juga mengisi waktu Anda dengan mendengarkan atau membaca doa-doa suci. Hal ini bisa membantu mengelola emosi Anda menjadi lebih tenang dan siap menuju persalinan.


7. Jaga Pikiran Tetap Positif

Masa kehamilan seringkali mengalami lonjakan emosi yang tidak stabil, khususnya perasaan-perasaan negatif seperti cemas dan khawatir. Penting bagi ibu hamil untuk terus berpikir positif. Apabila muncul rasa takut dan khawatir tentang proses persalinan, berdasarkan cerita yang Anda dengar dari orang lain, segera alihkan perasaan khawatir tersebut. Ini penting bagi Anda, untuk memilih teman yang memberikan energi positif bagi Anda, bukan yang menakut-nakuti tentang proses persalinan.

Menjaga pikiran positif dapat dilakukan dengan memberikan sugesti yang positif pula pada diri sendiri. Yakinlah, dengan persiapan yang telah Anda lakukan, maka proses persalinan nantinya akan berjalan lancar. Ingatlah bahwa Anda memiliki suami dan keluarga yang akan mendampingi Anda. Sugesti inilah yang akan membuat Anda terhindar dari kecemasan dan pikiran negatif lainnya.


8. Menyiapkan Aromaterapi

Mendekati masa persalinan, Anda bisa menggunakan atau menghirup aromaterapi untuk memberikan rasa rileks. Aromaterapi lavender disarankan untuk ibu hamil guna memberikan rasa rileks, sehingga membantu mengurangi rasa sakit saat melahirkan normal. Menjelang persalinan, otot-otot akan berkontraksi dan menegang, dan hal ini bisa menghambat proses persalinan. Dengan menghirup aromaterapi, dapat mengurangi ketegangan otot, sehingga proses persalinan lebih mudah dan cepat.


9. Konsumsi Camilan Sehat dan Komunikasi

Jangan biarkan diri Anda stress saat menunggu kelahiran buah hati. Jika waktu persalinan belum tiba, Anda bisa sambil mengonsumsi camilan ringan untuk menghilangkan rasa stress dan kecemasan. Namun, pastikan camilan yang Anda konsumsi tetap aman bagi kesehatan. Untuk menghindari kecemasan dan ketakutan menghadapi persalinan, Anda bisa mengalihkannya dengan berkomunikasi dengan pasangan maupun keluarga.


Itulah beberapa tips persiapan sebelum persalinan agar dapat melahirkan normal dan cepat. Persiapkan fisik dan mental Anda dengan baik, agar proses persalinan berjalan lancar. 
Disqus comments