Milenial Harus Tahu, Inilah 7 Pekerjaan Menjanjikan Saat Ini! - Problem Hidup

Sunday, December 2, 2018

Milenial Harus Tahu, Inilah 7 Pekerjaan Menjanjikan Saat Ini!

Pekerjaan yang menjanjikan saat ini
gambar: pixabay.com/geralt


Generasi milenial memang memiliki perbedaan dengan generasi sebelumnya, khususnya dalam bidang teknologi. Bisa dikatakan, bahwa generasi milenial adalah generasi yang dekat dengan perangkat teknologi. Generasi inilah memanfaatkan teknologi untuk membuat segala sesuatu lebih efektif dan efisien.

Kemajuan teknologi pada generasi milenial mempengaruhi pola pikir mereka dalam mencari pekerjaan. Untuk urusan kerja, banyak hal yang menjadi tolak ukur generasi ini dalam mencari kerja. Mereka mulai mempertimbangkan gaji, tingkat stress, hingga prospek ke depannya dari pekerjaan yang dijalani. Nah, berikut ini 7 pekerjaan menjanjikan saat ini yang cocok bagi para milenial.

7 Pekerjaan Bagi Milenial yang Menjanjikan

1. Software Developer

Generasi milenial adalah generasi yang paling dekat dengan teknologi. Saat ini hampir semua bidang membutuhkan program atau software untuk menjalankan suatu pekerjaan. Contohnya, program akuntansi yang dibutuhkan oleh perusahaan besar hingga menengah ke bawah untuk membuat laporan keuangan yang lebih akurat dan cepat. Meskipun bisa dikerjakan secara manual, namun pelaku usaha kini lebih memilih menggunakan program khusus untuk mempermudah menyelesaikan pekerjaan.

Tak hanya program-program untuk kebutuhan kantoran, namun saat ini hampir semua orang memiliki gadget dengan beraneragam aplikasi. Ini bisa menjadi peluang bagi Anda, generasi Milenial untuk menciptakan aplikasi atau software baru yang dibutuhkan pengguna gadget.

Mengapa pekerjaan ini termasuk pekerjaan yang menjanjikan untuk saat ini dan masa depan? Karena, orang yang berprofesi sebagai software developer secara keseluruhan belum banyak. Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk membuat suatu program atau aplikasi yang dibutuhkan perusahaan. Sementara kebutuhan dan permintaan pelaku usaha terhadap sebuah software yang mendukung bisnisnya setiap hari semakin bertambah. Anda bisa meraup pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit dari skill yang Anda miliki.


2. Web Developer

Tak hanya sebagai software developer yang berpotensi memperoleh pendapatan besar. Seorang web developer juga memiliki kesempatan yang sama. Di era modern ini, banyak perusahaan yang ingin memiliki website sendiri, namun tidak memiliki kemampuan untuk membuatnya. Mereka seringkali menggunakan jasa web developer untuk membuat website perusahaan.

Pekerjaan yang satu ini menjadi salah satu profesi yang menjanjikan bayaran mahal. Jika Anda memiliki skill di bidang ini, Anda bisa menjual skill Anda pada perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan jasa pembuatan website.

Pesaing sebagai web developer masih tergolong sedikit jika dibandingkan dengan persaingan para calon PNS. Jadi, Anda memiliki kesempatan yang besar untuk menggeluti bidang ini sebagai pekerjaan Anda. Anda bisa mendapatkan jutaan hingga puluhan juta untuk satu project website yang dipesan.


3. Social Media Specialist

Saat ini, media sosial bukan hanya digunakan untuk kepentingan pribadi. Namun, banyak perusahaan yang menggunakan media sosial sebagai sarana memperkenalkan diri pada masyarakat. Perusahaan ternama ingin lebih dikenal dikalangan netizen. Sementara perusahaan-perusahaan yang belum terkenal menjadi semakin dikenal melalui social media.

Kebutuhan perusahaan akan hal tersebut, banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk mengisi posisi social media specialist. Ini tentu sangat cocok dengan jiwa-jiwa milenial yang selalu aktif di dunia maya. Jika Anda cukup memiliki skill dalam bidang ini, tak ada salahnya mengisi lowongan tersebut di beberapa perusahaan.

Ada pula pekerja social media specialist yang kerjanya tidak perlu pergi ke kantor. Bisa dikerjakan kapan saja dan dimana saja atau freelance. Hal ini sangat cocok di era modern, dimana pekerjaan sebagai freelance mulai banyak digemari oleh milenial yang ingin fleksibilitas waktu dalam bekerja.


4. Content Writer dan Content Creator

Nah, bagi Anda yang memiliki skill dibidang menulis, Anda bisa menjadi content writer untuk website besar di Indonesia. Pekerjaan sebagai content writer menjadi salah satu pekerjaan yang mulai banyak diminati generasi milenial. Hal ini dikarenakan, pekerjaan ini bisa dilakukan secara fleksibel, kapan saja dan dimana saja. Cocok dengan generasi milenial yang menginginkan kebebasan dalam bekerja sesuai passion mereka.

Tak hanya menjual ide tulisan, Anda juga bisa menjual ide-ide lainnya dan menjadi content creator. Generasi milenial cenderung memiliki ide yang unik dan kreatif. Jika Anda salah satunya, jangan ragu untuk menjadi content creator. Tawarkan jasa dan skill Anda pada klien semenarik mungkin.

Tugas Anda nantinya adalah membuat sebuah konten yang menarik dan terbaik sesuai permintaan klien. Jangan meremehkan pekerjaan ini, karena gaji para content creator cukup tinggi.


5. Blogger, Youtuber, dan Selebgram

Pekerjaan menjanjikan bagi milenial selanjutnya yaitu menjadi Blogger, Youtuber, dan Selebgram. Anda mungkin tahu, sekarang ini banyak Blogger, Youtuber, dan Selebgram yang sukses di usia muda. Bermodal dari hal-hal yang disukai, dan kreativitas tanpa henti mereka dapat meraup pundi-pundi rupiah dari pekerjaan ini.

Pekerjaan ini termasuk pekerjaan yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, tanpa terikat waktu dan tempat. Bahkan pekerjaan ini termasuk pekerjaan yang bisa dilakukan siapa saja, tanpa basic pendidikan khusus. Asalkan Anda memiliki ketekunan dan kreativitas untuk membuat kontent yang menarik, Anda bisa menjadi sukses dari Blog, Youtube, atau akun Instagram yang Anda miliki.
Saat ini, sudah banyak orang yang memanfaatkan media sosial sebagai bisnis dan menghasilkan banyak uang.

Banyak konten yang bisa Anda buat untuk Blog, Youtube, maupun Instagram yang bisa menghasilkan uang. Mulai dari tutorial make up, review travelling, review produk tertentu, menyanyi dan bermain musik, dan sebagainya. Pastikan Anda mengisinya dengan konten-konten menginspirasi dan positif.


6. Photografer dan Videografer

Kalau Anda cukup tertarik sebagai photografer, Anda bisa menjual skill Anda untuk menghasilkan jepretan mengagumkan tersebut. Anda bisa menawarkan jasa Anda untuk acara-acara tertentu seperti pre-wedding / wedding, acara wisuda, atau untuk kebutuhan modelling. Meskipun saat ini sudah banyak photografer, namun setiap photografer memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Anda bisa menunjukkan karakter yang berbeda dari hasil foto yang Anda hasilkan. Sehingga bisa menarik klien untuk menggunakan jasa Anda. Tak hanya sebagai photografer, Anda juga bisa sekaligus menjadi videografer untuk membuat video-video menarik. Mulai dari video untuk pernikahan, profil perusahaan, atau iklan.


7. Online Seller

Terakhir, pekerjaan yang banyak diminati milenial dan bisa menghasilkan pendapatan yang menjanjikan yaitu bisnis online atau sebagai online seller. Saat ini, hampir semua orang lebih suka berbelanja secara online daripada offline. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk menyediakan kebutuhan masyarakat dengan produk yang Anda jual secara online.

Karena, banyak pelaku bisnis online, pastikan Anda memilih product yang berbeda dan sesuai dengan kebutuhan masayarakat. Saat ini banyak pengusaha muda yang telah sukses bergerak di bidang bisnis online.

Menjadi online seller tak perlu mendirikan kantor fisik yang membutuhkan biaya mahal untuk menyewa tempat. Anda bisa memanfaatkan website dan media sosial untuk memasarkan produk yang Anda jual.

Itulah ketujuh pekerjaan menjanjikan saat ini yang cocok bagi milenial. Tertarik untuk mencobanya? Pastikan memilih pekerjaan sesuai dengan skill dan passion Anda ya. Sehingga Anda bisa lebih memaksimalkan diri dalam menyelesaikan pekerjaan yang dijalani.


Semoga bermanfaat

Disqus comments